• Rencana Strategis (Renstra) Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Fiskal ini d ... more »

  • Rencana Strategis (Renstra) Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Niaga pada P ... more »

  •   INFO AKADEMIK
    Rabu, 3 Maret 2010
    RENCANA STRATEGIS PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI FISKAL PROGRAM SARJANA REGULER

    Rencana Strategis (Renstra) Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Fiskal ini disusun untuk periode 2009-2012.

    Sebagai unit kerja yang berada di lingkungan Departemen Ilmu Administrasi dan Universitas Indonesia pada umumnya, Prodi Ilmu Administrasi Fiskal dalam merumuskan renstranya harus berpedoman pada renstra kedua unit kerja tersebut. Renstra ini, dengan memerhatikan hal tersebut, disusun oleh pengelola Program Sarjana Reguler dan Kelas Paralel Departemen Ilmu Administrasi.

    Dipublikasikannya renstra ini pada situs adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban Prodi Ilmu Administrasi Fiskal pada seluruh stakeholders, yaitu para tenaga pendidik, mahasiswa, alumni, dan para rekanan lain. Selain itu, diharapkan dengan mengetahui Renstra ini, para stakeholders dapat turut serta membantu dan mengawasi berjalannya Prodi Ilmu Administrasi Fiskal.

    download fileDownload File    

    Rabu, 3 Maret 2010
    RENCANA STRATEGIS PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NIAGA PROGRAM SARJANA REGULER

    Rencana Strategis (Renstra) Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Niaga pada Program Sarjana Reguler dan Kelas Paralel Departemen Ilmu Administrasi ini disusun untuk periode 2009-2012.

    Renstra ini disusun bersama oleh seluruh pengelola Program Sarjana Reguler dan Kelas Paralel Departemen Ilmu Administrasi dan dipublikasikan melalui situs ini agar seluruh stakeholders Prodi Ilmu Administrasi Niaga dapat mengetahui dan ikut mengontrol berjalannya Prodi Ilmu Administrasi Niaga pada periode Renstra tersebut.

    Pada renstra ini telah dimuat kerangka masalah strategis dan target-target yang ingin dicapai oleh Prodi Ilmu Administrasi Niaga.

    download fileDownload File    

    Rabu, 3 Maret 2010
    RENCANA STRATEGIS PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA PROGRAM SARJANA REGULER

    Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara pada Program Sarjana Reguler dan Kelas Paralel Departemen Ilmu Administrasi telah menyusun Rencana Strategis (Renstra) untuk periode 2009-2012. Renstra ini dipublikasikan agar seluruh stakeholders Prodi Ilmu Administrasi Negara dapat mengetahui profil Prodi Ilmu Administrasi Negara pada kurun waktu tersebut.

    Renstra Prodi Ilmu Administrasi Negara disusun bersama oleh seluruh pengelola Program Sarjana Reguler dan Kelas Paralel Departemen Ilmu Administrasi. Renstra ini akan menjadi panduan bagi pengelola dalam bekerja dan dapat menjadi sarana kontrol bagi seluruh stakeholders Prodi Ilmu Administrasi Negara selama periode Renstra.

    download fileDownload File    

    Rabu, 3 Maret 2010
    RENCANA STRATEGIS DEPARTEMEN ILMU ADMINISTRASI 2009-2012

    Departemen Ilmu Administrasi telah menyusun Rencana Strategis (Renstra) Departemen Ilmu Administrasi untuk kurun waktu 2009-2012. Renstra ini disusun untuk menjadi panduan bagi pengelola dan stakeholders Departemen Ilmu Administrasi dalam membentuk profil Departemen Ilmu Administrasi hingga 2012.

    Renstra Departemen Ilmu Administrasi dibuat untuk mendukung Renstra yang telah dibuat oleh Universitas Indonesia untuk kurun waktu 2007-2012. Sebagai unit kerja yang berada di bawah Universitas Indonesia, Renstra Departemen Ilmu Administrasi dirumuskan agar selaras dengan target-target yang telah tercantum dalam Renstra UI, dengan memperhatikan kemampuan dan lingkungan yang dihadapi Departemen Ilmu Administrasi.

    Renstra ini disusun bersama oleh seluruh tenaga pendidik Departemen Ilmu Administrasi dan dipublikasikan melalui situs ini agar diketahui bersama oleh seluruh stakeholders Departemen Ilmu Administrasi.

    download fileDownload File    

    Jumat, 20 Maret 2009
    PROGRAM PELATIHAN CERTIFIED FINANCIAL PLANNER



    Program pelatihan untuk Sertifikasi Perencanaan Keuangan, Ujian dan Pelatihan Komprehensif sesuai standar Financial planning Standar Board Indonesia ( FPSB Indonesia).

    A. Latar Belakang
    Executive Development Program Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang perencanaan keuangan personal. Tujuan program ini adalah untuk mempersiapkan kandidat CFP menghadapi ujian perencanaan keuangan yang diselenggarakan oleh FPSB Indonesia, membantu kandidat CFP memenuhi pendidikan yang dipersyaratkan dan memberikan pengetahuan secara teoritis maupun contoh praktis bagi yang bermaksud mempelajari masalah perencanaan keuangan personal.

    Program pelatihan yang diselenggarakan meliputi empat (4) modul yang telah disesuaikan dengan kurikulum CFP, yaitu :

    • Pengantar Perencanaan Keuangan
    • Perencanaan Investasi
    • Manajemen Resiko dan Perencanaan Asuransi
    • Perencanaan Pensiun, Pajak Penghasilan dan Properti


    B. Peserta
    Program pelatihan ini ditujukan bagi yang berminat memiliki sertifikasi global sebagai CFP yang diselenggarakan oleh FPSB Indonesia. Peserta lebih diutamakan dengan latar belakang Diploma di bidang keuangan, bisnis, hukum bisnis, akuntansi, ekonomi, perpajakan, perbankan, dan bidang ilmu terkait.


    C. Pengajar
    Proses pengajaran difasilitasi oleh pembicara dan fasilitator dari kalangan akademisi dan praktisi yang telah memahami dan menguasai materi-materi yang akan diberikan serta memiliki kualifikasi memadai & mumpuni dalam bidangnya Seperti:

    - CFA® (Chartered Financial Analyst);
    - CFP® (Certified Financial Planner);
    - ChFC (Chartered Financial Consultant);
    - RFP- Indonesia (Registered Financial Planner);
    - Professionals/experts on the selected subjects;
    - DR or Ph. D in Financial and Tax Services.

    Adapun tenaga pengajar yang akan memberikan materi dalam pelatihan
    ini adalah:

    1. Adhe Aurora Gultom, CFP® (PT Lippo General Ins., Tbk)
    2. Agus Basuki Yanuar, CFP® (PT Samuel Asset Management)
    3. Aidil Akbar Madjid, CFP® (PT Pavillion Capital)
    4. Angkoso Wibowo, CFP® (PT Sjiar Dahan Zaitun)
    5. Antony Japari, MBA, CFP® (Mega Life)
    6. Ashari Adityarman, CFP® (PT Bank Danamon, Tbk)
    7. Drs. Asrori, MA, FLMI (PT Jasindo)
    8. Budi Rahardjo, CFP® (PT Axa life Indonesia)
    9. Budi Sastra, CFP® (PT Cipta Kreasitama Mandiri)
    10. Ir. Bernadus Yuliarto Nugroho, MSM, Ph.D (FISIP UI)
    11. Bowo W. Suhardjo, CFP® (PT Dhanawibawa Arthacemerlang)
    12. Dr. Chandra Wijaya, MSi, MM (FISIP UI) 2
    13. Daniel Tjie, CFP® (PT. Hasjrat Abadi)
    14. Eddy KA. Berutu, CFP® (AAJI)
    15. Edwan Know, CFP® (Trust Consulting)
    16. Edhi S. Widjojo, CFP® (PT. AXA Asset Management Indonesia )
    17. Eka Putra Sakti, CFP® (PT.AIG Life)
    18. Fenny Julia, CFP® (PT. AXA Life Indonesia)
    19. Prof. Dr. Ferdinand D. Saragih, MA (FISIP UI)
    20. Ir.Fontian Munzil, MH, RFP (AXA Financial Indonesia)
    21. Ginandjar Zarkasih, CFP® (MQ Solusi)
    22. Gunarso Adikerta, CFP® (Buzz Allianz)
    23. Geoffrey Hadipranoto, CFP® (PT. Rodamas)
    24. Haryajid Ramelan, CFP® (PT. Recapital Asset Management)
    25. Dr. Haula Rosdiana, M.Si
    26. Heru Yuwono Liem, MBA, FLMI, CFP® ( AXA Life )
    27. M. Ichsan, MsFin, ChFC, RFP-I ( Prime Planner )
    28. Ilham W. Siregar, CFP® (PT. Capital Trade International)
    29. Drs. Iman Santoso, M.Si ( Ernst & Young Consult )
    30. Ira Iskandar, CFP® (PT. Bank Mandiri, Tbk.)
    31. Dra. Joana Joe Kiao, MA, FLMI, ChFC, CLU, RFP
    32. Martadinata Ciungwanara, CFP® (Prudential)
    33. Mohamad Andoko, CFP® (PT. AXA Life)
    34. M. Rusli, CFP® (PT. Reindo)
    35. Nila Mayta D.R., CFP® (PT. Bank Mandiri, Tbk.)
    36. Ongkie Budidharma, CFP® (PT. Bank Mandiri, Tbk.)
    37. Pardjo YAP, CFP® (PT. Asuransi Central Asia)
    38. Pondra Nala Permana, CFP® (PT. AXA Life) 3
    39. Rizal Widjajantara, CFP® (MQ Solution)
    40. Ronald Napitupulu, CFP® (PT. AXA Life Indonesia)
    41. Ronny A. Iskandar, CFP® (Prime Planner)
    42. Sapto Rahardjo, CFP® (PT. Mitra Bina Adidaya)
    43. Sanderson The, CFP® (PT. UOB Buana)
    44. Senuadi Tandun, CFP® (PT. AXA Life Indonesia)
    45. S. Budisuharto, CFP® (PT. AIG Life)
    46. Sri Wahyuni Sujono, BBA, ChFC ( SF Consulting )
    47. Tri Djoko Santoso, ChFC ( Panin Life )
    49. Wellem Gunawan, CFP® (PT. Prudential Life Assurance)
    50. William Stanley, CFP® (Prudent Inverstment Consulting)


    D. Materi Pelatihan

    MODUL 1: PENGANTAR PERENCANAAN KEUANGAN
    - Dunia kerja dalam bidang perencana keuangan dan proses perencanaan keuangan
    - Laporan keuangan personal
    - Nilai waktu uang
    - Prinsip-prinsip investasi
    - Instrumen utang
    - Modal dan investasi lainnya
    - Unit Trusts
    - Manajemen Risiko – Asuransi Jiwa dan Kesehatan
    - Manajemen Risiko – Asuransi Umum
    - Perencanaan pajak penghasilan
    - Perencanaan Pensiun 4
    - Perencanaan Properti
    - Ujian

    MODUL 2 : PERENCANAAN INVESTASI

    - Konsep dasar investasi
    - Pengantar Pasar Modal Indonesia
    - Analisis Laporan Keuangan
    - Alokasi Aset dan diversifikasi portofolio
    - Analisis Modal
    - Sekuritas Pendapatan tetap
    - Pengantar Instrumen derivatif
    - Unit Trusts
    - Ujian

    MODUL 3: MANAJEMEN RESIKO DAN PERENCANAAN ASURANSI
    - Pengantar industri asuransi di Indonesia
    - Konsep manajemen resiko
    - Dasar-dasar asuransi umum
    - Perencanaan keuangan personal dan asuransi jiwa
    - Asuransi jiwa tradisional, Unit Linked, dan Syariah
    - Perawatan jangka panjang, cacat, dan anuitas
    - Asuransi kesehatan, medis, dan kelompok
    - Proses seleksi dan klasifikasi risiko
    - Asuransi umum personal 5

    MODUL 4: PERENCANAAN PENSIUN, PAJAK PENGHASILAN DAN PROPERTI
    - Pengantar perencanaan pensiun
    - Kebutuhan proteksi – Asuransi Jiwa dan Kesehatan
    - Program dan konsep anuitas
    - Program pension yang disediakan perusahaan
    - Program pension yang disediakan pemerintah
    - Pengantar perencanaan pajak penghasilan
    - SPT Tahunan Pajak Penghasilan WP Orang Pribadi
    - Pengantar perencanaan properti
    - Proses perencanaan properti
    - Distribusi kesejahteraan
    - Hukum pernikahan dan keluarga
    - Pajak atas properti
    - Perencanaan Asuransi Jiwa dan distribusi kesejahteraan
    - Perencanaan keberlangsungan usaha dan distribusi kesejahteraan
    - Studi kasus
    - Ujian

    E. Waktu dan Lokasi

    Program Fast Track (meliputi 4 modul) : Mulai Tanggal 18 April- 27 Juni 2009, Setiap Hari Sabtu Pkl. 08.30-15.30. Program akan dilaksanakan di lingkungan Kampus UI Depok . Program juga dimungkinkan untuk diselenggarakan di luar Kampus UI dengan waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan dari institusi pengguna jasa.


    F. BIAYA
    Fast Track Program : Rp 10.000.000 ( meliputi semua modul) Anggaran tersebut sudah memperhitungkan komponen biaya sebagai berikut:

    • Biaya penyelenggaraan program
    • Kit Peserta (Tas, Pulpen, Notes, Bahan/Modul Pelatihan, & CD materi)
    • Sertifikat

    Untuk biaya dengan permintaan penyelenggaraan dari institusi pengguna jasa
    (in-house training) ditentukan berdasarkan jumlah peserta.


    =============================================================================

    download fileDownload File    

    Rabu, 4 Juni 2008
    PROGRAM PENDIDIKAN BREVET KONSULTAN PAJAK (PLUS) 2008


    TAX CENTRE

    DEPARTEMEN ILMU ADMINISTRASI
    FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
    UNIVERSITAS INDONESIA



    PROGRAM PENDIDIKAN BREVET
    KONSULTAN PAJAK (PLUS)
    (Brevet A & B Terpadu dan Brevet C)

     

    Program ini dirancang dengan kurikulum yang mampu membekali peserta untuk  melaksanakan kewajiban perpajakan dan hak wajib pajak secara profesional dalam praktek di lapangan, baik sebagai wajib pajak badan maupun peroranganan serta dapat membekali peserta untuk mengikuti Ujian Brevet Konsultan Pajak Nasional. Kurikulum sesuai dengan kurikulum brevet nasional ditambah dengan mata kuliah Peradilan Pajak (untuk Brevet A-B Terpadu) dan Tax Planning (untuk Brevet C). Disiapkan kelas Matrikulasi Akuntansi bagi peserta yang tidak memiliki latar belakang akuntansi. Perkuliahan diberikan dalam bentuk tatap muka, diskusi dan pemecahan kasus (case study) dan latihan praktek secara intensif dan mendalam.

     

    STAF PENGAJAR

    Akademisi dan praktisi yang berpengalaman di bidang perpajakan dan akuntansi dari Kantor Akuntan/ Konsultan Pajak ternama dan Direktorat Jenderal Pajak.

     

    MATERI PELATIHAN

    Program Brevet C

    • Akuntansi Perpajakan
    • KUP, PPSP, BPSP
    • Perpajakan Internasional dan Tax Treaty
    • PPh Pasal 21/26
    • PPh Badan + SPT Tahunan PPh Badan USD (1771$)
    • PPh Potong/ Pungut
    • PPN dan PPnBM serta SPT Masa (1195) dan SPT Masa Pemungut PPN (1101 Put)
    • e-SPT
    • Tax Planning

     

    PROGRAM Brevet A-B Terpadu

    • Akuntansi Perpajakan
    • Bea Materai, PBB dan BPHTB     
    • KUP dan PPSP
    • Withholding Tax (PPh Pasal 4 (2), PPh 22, PPh 23/ 26 dan SPT Masa)
    • PPh Badan dan SPT Tahunan (1771)
    • PPh Orang Pribadi dan SPT Tahunan PPh Op (1770, 1770S)
    • PPh Pasal 21/26 dan SPT Masa PPh 21/26 dan Tahunan
    • PPN dan SPT Masa PPN (1195)
    • Peradilan Perpajakan


    FASILITAS

    • Ruang Kelas ber-AC
    • Dilengkapi OHP dan LCD Projector
    • Hand Out dan Modul
    • Minuman Ringan

     
    JADWAL PELATIHAN

    Kelas Brevet A&B Reguler Sabtu: Jam 08.15 – 15.15 ( + 6 bulan) dimulai Tgl 10 Mei 2008
    Kelas Brevet C : Setiap Sabtu, Jam 08.15 – 15.15 ( + 4 bulan ) dimulai Tgl 24 Mei 2008

     
    PERSYARATAN
    • Foto Copy Ijazah Terakhir,
    • 3 lembar pas foto 4x6
    • Sertifikat Kursus Akuntansi (Jika Ada)

    Bagi yang tidak berlatar belakang Akuntansi wajib mengikuti martikulasi Akuntansi dengan biaya Rp. 250.000.-

    Membayar biaya pelatihan :

       1. A-B Terpadu Rp. 2.700.000,-
       2. Brevet C Rp. 2.300.000,-

    Transfer ke :

    LIPPO BANK Rek No. 305-30-10089-5
    a/n TAX CENTRE FISIP-UI
     

    INFORMASI DAN PENDAFTARAN
    Kampus FISIP UI Depok
    Senin S/D Jum’at (Pk.08.30 – 16.00)
    Sabtu (Pk.08.30 – 13.00)
    Gedung M Lt.1 Ruang 105
    Telp. (021) 788 49 147  
    Fax. (021) 788 49 147
    Contact Person :
    Tuti / Sarnan

     
    Note : Formulir yang telah diisi dan bukti transfer pembayaran dapat di-fax ke (021) 788 49 147, Foto Copy Ijazah terakhir dan pas foto dapat menyusul pada saat perkuliahan dimulai.

     


     
    download fileDownload File    

    Senin, 3 Maret 2008
    DIA EDP- TAX CENTRE

     

    Tax Centre memiliki tugas pokok dan fungsi dalam hal penyelenggaraan seminar, pelatihan dan kajian ilmiah perpajakan, diskusi, pengembangan data base, serta penyelenggaraan brevet di bidang perpajakan.

    Program Pendidikan Brevet Konsultan Pajak (Plus)
    Program Pendidikan Brevet Konsultan Pajak (Plus) memiliki fokus pada 2 tujuan utama, yaitu

    1. Lulusan diharapkan dapat mengikuti ujian Brevet Konsultan Pajak Nasional yang diselenggarakan oleh Departemen Keuangan Republik Indonesia dan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI)
    2. Lulusan dapat melaksanakan kewajiban-kewajiban perpajakan dan hak-hak wajib pajak dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam praktik sehari-hari di instansi tempat lulusan kerja.


    Untuk tujuan tersebut, maka kurikulum pada Program Pendidikan Brevet Konsultan Pajak (plus) dirancang sedemikian rupa dengan komposisi sebagai berikut:

    1. Kurikulum yang berlaku pada Program Pendidikan Brevet Konsultan (Plus) adalah kurikulum pada Brevet Konsultan Pajak pada umumnya.
    2. Unsur mata kuliah keahlian tambahan yang berguna bagi pelaksanaan tugas di lapangan.

     

    Matrikulasi Akuntansi wajib diikuti oleh calon peserta program yang tidak memiliki latar belakang pengetahuan akuntansi.


    SEMINAR DAN DISKUSI
    Seminar dan Diskusi diselenggarakan dalam ranka menyebarluaskan ketentuan-ketentuan terbaru di bidang perpajakan (khususnya yang berpengaruh pada pelaksanaan kewajiban dan hak perpajakan Wajib pajak ) serta membahas isu-isu perpajakan lainnya yang menyangkut kepentingan masyarakat luas.

    PELATIHAN(WORKSHOP) DAN KAJIAN ILMIAH PERPAJAKAN
    Tax Centre menyelenggarakan pelatihan-pelatihan singkat atau Program Pelatihan Perpajakan baik yang bersifat khusus (jenis pajak tertentu) secara mendalam dan intensif. Program ini diracang dalam 2 (dua) bentuk, yakni:
    a.    Workshop Perpajakan yang diselenggarakan secara berkala.
    b.    In House Trainning yang diselenggarakan oleh Tax Centre berdasarkan permintaan institusi/perusahaan pengguna dengan materi yang disesuaikan pula dengan kebutuhan penggunanya. 


    Kajian Ilmiah Perpajakan dilakukan oleh para ahli perpajakan yang memiliki kompetensi dan pengalaman di bidang perpajakan.

    PENGEMBANGAN DATABASE
    Tax Centre mengembanglan data base perpajakan berupa himpunan peraturan perundang-undangan perpajakan serta berbagai data dan informasi perpajakan lainnya yang diperbaharui secara periodik. Data base dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang membutuhkan informasi dan data perpajakan. Salah satu produk pengembangan data base Tax Centre adalah portal perpajakan (http://www.ortax.org)

    PUBLIKASI
    Salah satu peran yang dilakukan Tax Centre dalam menyebarkan pengetahuan mengenai perpajakan adalah dengan mempulikasikan berbagai artikel baik ilmiah maupun popular serta buku-buku perpajakan.

    ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


    Senin, 3 Maret 2008
    PUBLIC MANAGER PROGRAMS

     

    Selayang Pandang
    Revitalisasi birokrasi dan pelayanan publik membutuhkan manajer publik yang handal dan memahami paradigma, strategi, dan manajemen perubahan di sektor publik. Oleh karena itu, diperlukan suatu program pendidikan dan pelatihan yang didesain dalam rangka membekali para manajer public untuk memahami paradigma-paradigma yang berkembang dalam sektor public, strategi yag dapat digunakan & manajemen perubahan untuk mengurangi resistensi terhadap upaya reformasi birokrasi, re-arrangement kelembagaan, serta perubahan manajerial.

    PUBLIC MANAGER PROGRAMS merupakan bagian dari Executive Development Programs (EDP) yang dikembangkan Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI guna memenuhi kebutuhan pelatihan para manajer sektor publik, baik di tingkat Pusat maupun Daerah, dalam rangka peningkatan kapasitas sumberdaya dan kelembagaan.

    Program ini diselenggarakan dengan metode pembelajaran yang interaktif dan berbasis kepada pemecahan masalah. Setelah mengikuti program ini, diharapkan para manajer public memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keahliannya dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam upaya revitalisasi birokrasi & pelayanan publik organisasinya.

    Jenis Pelatihan yang Ditawarkan
    Berbagai jenis pelatihan diselenggarakan sesuai kebutuhan pengguna. Namun, secara regular, jenis pelatihan yang diselenggarakan adalah sebagai berikut.
    1.    Local Governance dalam Perencanaan Pembangunan Daerah
    2.    Perencanaan Hukum – Legal Drafting
    3.    Manajemen Strategis dalam Sektor Publik
    4.    Brevet Pajak untuk Pegawai Keuangan Daerah
    5.    Administrasi Sumberdaya Manusia Birokrasi Publik
    6.    Revitalisasi Pelayanan Publik
    7.    Manajemen Perkotaan Berkelanjutan
    8.    Administrasi Aset & Investasi Daerah
    9.    Pengelolaan Pajak dan Pendapatan Daerah
    10.    Pengembangan Super Leadership
    11.    Akuntansi Pemerintahan Daerah
    12.    Administrasi Perkantoran

    Tenaga Pengajar
    Program ini didukung sejumlah Pakar yang merupakan pengajar Universitas Indonesia dan menjadi konsultan di berbagai instansi pemerintahan & perusahaan, sesuai kualifikasi di bidangnya masing-masing, antara lain

    1.    Prof. Dr. Bhenyamin Hoessein, SH
           (Ahli Pemerintahan Daerah, Ketua Program Pascasarjana Ilmu Administrasi FISIP UI)
    2.    Prof. Azhar Kasim, MPA, Ph.D
           (Ahli Organisasi & Kebijakan Publik)
    3.    Prof. Martani Huseini, MBA, Ph.D
           (Ahli Manajemen Strategis & Pemasaran Internasional)
    4.    Prof. Dr.rer.publ. Eko Prasojo, Mag.rer.publ.
           (Ahli Pemerintahan Daerah, Anggota DPOD Depdagri RI, Advisor GTZ-SfGG pada Kantor     Menneg PAN)
    5.    Prof. Dr. Ferdinand D. Saragih, MA
           (Ahli Manajemen Aset dan Investasi)
    6.    Prof. Safri Nugraha, SH, LLM, Ph.D
           (Ahli Hukum Administrasi Negara)
    7.    Prof. Dr. Gunadi, Ak, M.Sc.
           (Ahli Perpajakan)
    8.    Dr. Roy V. Salomo, M.Soc.Sc.
           (Ahli Keuangan Negara & Daerah)
    9.    Dr. Irfan Ridwan Maksum, M.Si.
           (Ahli Administrasi Pembangunan)
    10.    Dr. Haula Rosdiana, M.Si.
           (Ahli Perpajakan)
    11.    Dr. Amy Y. S. Rahayu, M.Si.
           (Ahli Pelayanan Publik)

    Lokasi Pelatihan
    Pelatihan dilaksanakan di lingkungan Kampus Universitas Indonesia. Akomodasi akan mengambil tempat di Wisma Makara UI Depok yang merupakan sarana penginapan & pertemuan dalam kampus, setara dengan hotel bintang 3. Pelatihan memungkinkan dilaksanakan di luar Kampus UI (tailor made) sesuai dengan kebutuhan & permintaan institusi pengguna jasa.

    Benefits

    • Peserta akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai paradigma dan strategi terkini dalam penyelenggaraan di sektor public dari para pakar & professional yang mumpuni di bidangnya masing-masing.
    • Keikutsertaan pelatihan memberikan pengalaman pendidikan tersendiri di lingkungan Universitas Indonesia yang nyaman dan asri.
    • Peserta dapat menikmati suasana pembelajaran di perguruan tinggi terbaik di negeri ini.



    Sekretariat Bersama
    Institute for Research and Development Programs (IRDP)
    Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI


    Sekretariat Bersama IRDP:
    Gedung Prof. Dr. Prajudi Atmosudirdjo (Gedung M)
    Lantai 2 Kampus FISIP UI Depok 16424

    Tel.     (021) 78849147
    Fax.    (021) 7271313
    http://www.admsci.ui.edu
    http://pmpdiaui.wordpress.com
    e-mail: pmpdiaui@ui.edu

    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


    Senin, 3 Maret 2008
    EXECUTIVE DEVELOPMENT PROGRAM DEPARTEMEN ILMU ADMINISTRASI FISIP UI

     

    Program pelatihan untuk Sertifikasi Perencanaan Keuangan, Ujian dan Pelatihan Komprehensif dari Financial Planning Standards Board Indonesia (FPSB Indonesia).

    LATAR BELAKANG
    Executive Development Program Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang perencanaan keuangan. Tujuan program ini adalah untuk mempersiapkan kandidat CFP menghadapi ujian perencanaan keuangan yang diselenggarakan oleh FPSB Indonesia, membantu kandidiat CFP memenuhi pendidikan yang dipersyaratkan, dan memberikan pengetahuan secara teoritis maupun contoh praktis bagi yang bermaksud mempelajari masalah perencanaan keuangan.

    Program pelatihan yang diselenggarakan meliputi empat modul, yang teah disesuaikan dengan kurikulum CFP, yaitu :

    Program pelatihan yang diselenggarakan meliputi empat modul, yang teah disesuaikan dengan kurikulum CFP, yaitu :

    • Pengantar Perencanaan Keuangan
    • Perencanaan Investasi
    • Manajemen Risiko dan Perencanaan Asuransi
    • Perencanaan Pensiun, Pajak Penghasilan, dan Properti


    PENGAJAR
    Proses pengajaran difasilitasi oleh akademisi dan profesional yang kompeten dengan kualifikasi :

    • CFA® (Chartered Financial Analyst);
    • CFP® (Certified Financial Planner);
    • ChFC (Chartered Financial Consultant);
    • RFP- Indonesia (Registered Financial Planner);
    • Professionals/experts on the selected subjects;
    • DR or Ph. D in Financial and Tax Services.

    TENAGA PENGAJAR
    1. Antony Japari, MBA, ChFC, RFP-I  | Mega Life
    2. Heru Yuwono Liem, MBA, FLMI, ChFC  | AXA Life
    3. M. Ichsan, MsFin, ChFC, RFP-I | Prime Planner
    4. Prof. Dr. Ferdinand D. Saragih, MA | Financial & Assets Management - FISIP UI
    5. Ir. B. Yuliarto Nugroho, MSM, Ph.D | Financial & Assets Management – FISIP UI
    6. S. Budisuharto, ChFC | AIG Life
    7. Sri Wahyuni Sujono, BBA, ChFC | SF Consulting
    8. Tri Djoko Santoso, ChFC | Panin Life
    9. Drs. Iman Santoso, MSi | Tax Planning – FISIP UI
    10. Dr. Chandra Wijaya, MSi, MM | Financial Management – FISIP UI

    WAKTU PELATIHAN
    Modul 1 & 3    : 18 jam pertemuan
    Modul 2 & 4    : 22 jam pertemuan


    Kelas yang ditawarkan :
    • Hari kerja (Senin, Rabu, dan Jumat – Pukul 19.00 – 21.00)
    • Hari Sabtu Pukul 09.00 – 17.00


    BIAYA
    Modul 1, 2 & 3    : masing-masing Rp 2.250.000,-
    Modul 4               : Rp 3.500.000,-

    Pembayaran ditransfer ke rekening  305 – 30 – 00021 – 1 

    PUBLIC MANAGER PROGRAM
    LIPPO Bank Kantor Kas FISIP UI
    Departemen Ilmu Administrasi, FISIP UI

    Mohon bukti transfer dapat difax ke nomor (021) 78849087

     

    -----------------------------------------------------------------

     

    BAHASA
    Materi dan proses belajar disampaikan dalam Bahasa Indonesia

    PESERTA
    Programpelatihan ini ditujukan bagi yang berminat memperoleh sertifikasisebagai CFP yang diselenggarakan oleh FPSB Indonesia. Pesertadisyaratkan memiliki latar belakang Diploma di bidang keuangan, bisnis,hukum bisnis, akuntansi, ekonomi, perpajakan, perbankan, dan bidangilmu terkait.

    MATERI PELATIHAN
    Pelatihan yang ditawarkan dalam tahun 2007-2008

     
    MODUL 1
    Pengantar Perencanaan Keuangan

    1. Dunia kerja dalam bidang perencana keuangan dan proses perencanaan keuangan
    2. Laporan keuangan personal
    3. Nilai waktu uang
    4. Prinsip-prinsip investasi
    5. Instrumen utang
    6. Modal dan investasi lainnya
    7. Unit Trusts                           
    8. Manajemen Risiko – Asuransi Jiwa dan Kesehatan
    9. Manajemen Risiko – Asuransi Umum
    10. Perencanaan pajak penghasilan
    11. Perencanaan Pensiun
    12. Perencanaan Properti
    13. Ujian

    MODUL 2
    Perencanaan Investasi
    1. Konsep dasar investasi
    2. Pengantar Pasar Modal Indonesia
    3. Analisis Laporan Keuangan
    4. Alokasi Aset dan diversifikasi portofolio
    5. Analisis Modal
    6. Sekuritas Pendapatan tetap
    7. Pengantar Instrumen derivatif
    8. Unit Trusts
    9. Ujian

    MODUL 3

    Manajemen Risiko dan Perencanaan Asuransi
    1. Pengantar industri asuransi di Indonesia
    2. Konsep manajemen resiko
    3. Dasar-dasar asuransi umum
    4. Perencanaan keuangan personal dan asuransi jiwa
    5. Asuransi jiwa tradisional, Unit Linked, dan Syariah
    6. Perawatan jangka panjang, cacat, dan anuitas
    7. Asuransi kesehatan, medis, dan kelompok
    8. Proses seleksi dan klasifikasi risiko
    9. Asuransi umum personal
    10. Ujian
     

    MODUL 4
    Perencanaan Pensiun, Pajak Penghasilan dan Properti
    1. Pengantar perencanaan pensiun
    2. Kebutuhan proteksi – Asuransi Jiwa dan Kesehatan
    3. Program dan konsep anuitas
    4. Program pension yang disediakan perusahaan
    5. Program pension yang disediakan pemerintah
    6. Pengantar perencanaan pajak penghasilan
    7. SPT Tahunan Pajak Penghasilan WP Orang Pribadi
    8. Pengantar perencanaan properti
    9. Proses perencanaan properti
    10. Distribusi kesejahteraan
    11. Hukum pernikahan dan keluarga
    12. Pajak atas properti
    13. Perencanaan Asuransi Jiwa dan distribusi kesejahteraan
    14. Perencanaan keberlangsungan usaha dan distribusi kesejahteraan
    15. Studi kasus
    16. Ujian   


    INFORMASI DAN PENDAFTARAN
    Departemen Ilmu Administrasi
    Kampus FISIP UI, Gedung B
    (Gedung Prof. TO Ihromi)
    Lantai 2 Depok 16425
    Telp/fax    : (021) 788 49 087  / 0856 9 3030 860 (Rani Fariha)
    Email        :  edp_dia@ui.edu / ranie_star23@yahoo.com
    Information on CFP : www.fpsbindonesia.org

     

    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    download fileDownload File    

    Kamis, 12 April 2007
    JADWAL DAN BIAYA PELATIHAN PUBLIC MANAGER PROGRAMS 2007-2008
    Berikut adalah Jadwal dan Biaya Pelatihan yang diselenggarakan oleh Public Manager Programs untuk Tahun 2007-2008.
    download fileDownload File